Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Memilih Jenis Asuransi Terbaik Untuk Anak

Hal terpenting saat Anda menjadi orang tua adalah memastikan masa depan anak Anda terjamin. Mempersiapkan masa depan ini mulai dari biaya kesehatan hingga dana pendidikan yang dapat memastikan mereka mendapatkan tingkat pendidikan yang terbaik, meski telah tiada.

Salah satu produk keuangan yang bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan masa depan ini adalah asuransi untuk anak. Namun, ada begitu banyak asuransi anak dan keluarga yang ditawarkan di luar sana. Lantas apa saja yang perlu Anda perhatikan saat memilih asuransi anak terbaik?

Bingung memilih? Wajar. Apalagi untuk kalian para orang tua muda. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan mulai sekarang untuk memastikan masa depan anak-anak Anda terjamin? Yuk, simak catatan berikut agar pertimbangan memilih asuransi untuk anak Anda lengkap dan teliti!

5 Tips Memilih Jenis Asuransi Terbaik Untuk Anak 

5 Tips Memilih Jenis Asuransi Terbaik Untuk Anak

1. Pilih asuransi anak yang memberikan manfaat kesehatan dan jiwa

Salah satu aspek kesejahteraan dasar yang perlu disiapkan orang tua untuk anaknya adalah kesehatan anak. Agar anak mendapatkan pelayanan asuransi kesehatan terbaik saat sakit, Anda bisa memilih asuransi yang memberikan manfaat perlindungan kesehatan dan perlindungan jiwa bagi anak. Umumnya, jenis asuransi ini tersedia dalam asuransi kesehatan keluarga, di mana satu polis dapat mencakup seluruh keluarga.

Dalam memilih manfaat rumah sakit untuk anak, Anda bisa mempertimbangkan manfaat yang Anda dapatkan dari manfaat kesehatan kantor. Dengan demikian, Anda dapat memilih manfaat penggantian biaya pengobatan atau manfaat rumah sakit sesuai dengan kebutuhan Anda.


2. Pertimbangkan Biaya Pendidikan Dalam Memilih Asuransi Anak Terbaik

Salah satu perhatian utama orang tua adalah pendidikan anaknya. Perlu diingat, biaya pendidikan hari ini akan berbeda dengan beberapa tahun ke depan, ketika anak Anda memasuki usia pendidikan tertentu. Begitu juga biaya kuliah harus dipersiapkan sejak dini jika tidak ingin kewalahan di kemudian hari.

Anda dapat mempersiapkan biaya kuliah ini dengan memiliki asuransi jiwa murni yang juga menawarkan nilai tunai. Nilai tunai ini bisa Anda gunakan untuk keperluan di kemudian hari, salah satunya dana pendidikan. Di pasar asuransi, asuransi jiwa murni yang menawarkan fungsi ganda berupa santunan kematian dan nilai tunai untuk dana pendidikan disebut juga dengan asuransi jiwa dwiguna.

Dalam menentukan UP dan nilai tunai yang akan dibentuk, Anda dapat menghitung dana pendidikan yang dibutuhkan. Untuk memastikan Anda tidak salah menghitung, catat sekolah yang ingin Anda tuju dan periksa biayanya. Jangan lupa untuk menghitung nilai potensi inflasi selama tahun berjalan hingga tahun target, agar dana yang disiapkan tidak ketinggalan angka. Tidak salah untuk membuat beberapa pilihan, disesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga terbaik dan terburuk.

Perlu diingat, biaya pendidikan hari ini akan berbeda dengan beberapa tahun ke depan, ketika anak Anda memasuki usia pendidikan tertentu.

3. Kenali Risiko Berinvestasi di Asuransi Pendidikan

Anak Jenis asuransi anak lain yang memberikan perlindungan dan manfaat nilai tunai adalah asuransi unit link, yang merupakan asuransi sekaligus investasi. Berbeda dengan nilai tunai yang terdapat pada asuransi jiwa dwiguna, nilai tunai asuransi unit link berasal dari pengembangan dana investasi di pasar modal. Dengan demikian, investasi ini berisiko naik turun, tergantung pergerakan pasar.

Jika Anda memilih untuk menyiapkan dana pendidikan melalui produk asuransi kesehatan unit link atau asuransi jiwa unit link, waspadai risiko investasi ini. Sebab, yang namanya investasi pasti ada resiko untung atau rugi. Pahami risiko tersebut dengan mempelajari seluk beluk asuransi unit link sehingga Anda dapat memilih produk pasar modal yang tepat.

4. Pastikan kredibilitas perusahaan asuransi anak yang dipilih

Rekam jejak penyedia asuransi adalah sesuatu yang harus Anda telusuri dengan cermat. Anda bisa mengeceknya di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan beritanya. Jangan coba-coba memilih perusahaan asuransi yang tidak menampilkan profilnya secara lengkap dan jelas. Perusahaan asuransi yang baik juga akan menjelaskan mekanisme pembayaran premi, uang pertanggungan, dan besaran biaya lainnya dengan jelas. Jangan malas untuk menelusuri semua istilah yang muncul dalam penawaran, oke?


5. Minimalkan segala kemungkinan lain yang mengganggu kondisi keuangan

Tidak ada yang bisa memastikan bagaimana kondisi Anda sebagai orang tua lima atau sepuluh tahun mendatang. Jadi, jangan hanya fokus pada biaya pendidikan dalam mempersiapkan masa depan Anda. Untuk meminimalisir kemungkinan terganggunya pendidikan anak karena sesuatu yang buruk menimpa Anda, Anda juga perlu melindungi diri dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Jenis asuransi untuk anak yang bisa Anda pertimbangkan
Dari pertimbangan di atas, berikut jenis asuransi anak terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mempersiapkan masa depan anak Anda:


Asuransi jiwa

Jenis perlindungan yang wajib dimiliki oleh Anda yang sudah berkeluarga. Dengan memiliki asuransi jiwa terbaik, keluarga Anda akan mendapatkan Uang Pertanggungan jika Anda meninggal dunia. Uang Pertanggungan dapat digunakan untuk banyak hal, seperti pengganti penghasilan (jika Anda adalah pencari nafkah), warisan, biaya pendidikan anak, dan lain-lain.


Asuransi jiwa ganda.

Ini adalah jenis asuransi jiwa yang menawarkan perlindungan jiwa sekaligus dana pendidikan anak. Menurut situs OJK, asuransi dwiguna adalah perlindungan yang memberikan uang pertanggungan pada saat tertanggung mengalami risiko dalam jangka waktu tertentu, sekaligus memberikan seluruh uang pertanggungan jika ia masih hidup pada akhir masa pertanggungan.

Asuransi Kesehatan.

Hal ini perlu menjadi pertimbangan karena salah satu hal yang dapat merusak perencanaan keuangan Anda adalah biaya pengobatan. Apalagi pengobatan untuk penyakit kritis seperti stroke, penyakit jantung, atau kanker.

Jadi, sudahkah Anda membuat rencana masa depan anak Anda dengan penuh pertimbangan? Yuk, mulai hitung mulai sekarang biaya asuransi anak terbaik agar Anda punya lebih banyak waktu untuk menyiapkan berbagai perlindungan, salah satunya melalui asuransi untuk anak.


Post a Comment for "5 Tips Memilih Jenis Asuransi Terbaik Untuk Anak "